Sejarah MA Nurul Hidayatul Iman

A. MASA PERINTISAN

Melalui berbagai perjuangan, ide dan, keinginan tentang berdirinya sebuah lembaga pendidikan Islam setingkat MA di Kp. Panyingkiran Desa Mekartani Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Pada tahun 2012 terkabullah sebuah keinginan tersebut, dengan didirikan sebuah lembaga pendidikan Islam setingkat Madrasah Aliyah (MA) dengan nama MA Nurul Hidayatul Iman atau di kenal dengan sebutan masyrakat MA NHI.


Lembaga pendidikan ini berada di bawah naungan Yayasan Nurul Hidayah Panyingkiran. Dalam pendirian MA Nurul Hidayatul Iman tersebut, Tokoh Ulama Kecamatan Singajaya sekaligus Ketua MUI Kec. Singajaya  turut andil membidani berdirinya MA Nurul Hidayatul Iman dan sekaligus menjadi Ketua Yayasan. Pendiri MA Nurul Hidayatul Iman yaitu K.H Odin Burhanudin sebagai Kepala Yayasan, Aan Ansor Sudrajat, S.Pd. Sebagai Kepala Sekolah. tetpat di Bulan Juni 2013 MA Nuruul Hidayatul Iman Mendapatkan Ijin Oprasional dalam Melaksanakan pembelajaran dari Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Barat. Pada awal berdirinya MA NHI proses KBM berlangsung di MTs Nurul Hidayatul Iman. Searah dengan perkembangan dan pertumbuhan MA NHI menjadi MA yang terus melaju, pada tahun 2014 para perintis mampu membangun sebuah gedung permanen di kawasan Kp Panyingkiran Desa Mekartani Kecamatan SIngajaya Kabupaten Garut, sebagaimana yang ada sekarang ini.


MA NURUL HIDAYATUL IMAN di dirikan atas dasar keihklasan dari para pendiri, berada di daerah terpencil dengan sulitnya akses tidak menyurutkan langkah para pendiri yang ingin memajukan daerahnya melalui pendidikan. Terbatasnya biaya Oprasional dan SDM yang ada tidak menjadikan hambatan tapi memicu tumbuhnya semangat dalam diri para pendiri. Di desa ini awalnya yang melanjutkan ke tingkat SMA paling hanya 10 % dari keseluruhan masyarakat, hal ini disebabkan karena para orang tua terkendala biaya menyekolahkan yang sangat jauh dari tempat tinggal. MA NURUL HIDAYATUL IMAN mengambil langkah dengan menggratiskan Biaya sekolah atau dibebaskan dari pungutan apapun. Dengan ini, menjadi pemicu dan semangat bagi Orang Tua  untuk menggapai harapannya yaitu ingin menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang yang lebih tinggi.


B. MASA PERKEMBANGAN

Program keterampilan merupakan program yang dikembangkan di MA Nurul Hidayatul Iman. Pada tahun 2015/2016 Program keterampilan yang diuji cobakan adalah keterampilan Permainan Volly Ball, keterampilan Otomotif, keterampilan Multimedia. Selain Itu, di tambah lagi pendalamam Proses Belajar Mengajarnya dengan Pelajaran Tahfidz Al-Qur’an dan Tafsir Al-Qur’an. Dengan itu, MA Nurul Hidayatul Iman menjadi MA Pertama yang menyelenggarakan Pendidikan seperti di atas. 
MA NURUL HIDAYATUL IMAN menyelenggrakan Pelatihan Volly Ball dan dengan adanya Ekskul ini menjadi unggulan Madrasah ini di bidang Olah Raga Volly Ball, adapun Prestasi yang Pernah di raih :


1, Juara 1 Open Turnamen Mangunsari tingkat kab. Garut dan Tasik2. Juara 1 Ma’arif Cup Tingkat Pelajar SMA Wilayah Garsel dan Tasik Selatan3. Peringkat 2 pada ajang Aksioma Tingkat Kabupaten Garut4. Peringkat 2 pada Ajang Gema NHI
Selain itu Juga MA Nurul Hidayatul Iman pernah menorehkan Nama pada Ajang KSM Tingkat Kabupeten Garut pada Mapel Matematika dengan Meraih Peringkat Dua dan Juara Harapan Satu Tingkat Provinsi Jawa Barat Atas Nama Aliska.
Pada Tahfidz Al-Qur’an MA Nurul Hidayatul Iman Selalu Juga mencatatakan Nama nya baik di tingkat Kecamatan dan Kabupaten. pada tahun 2018 dan 2019 atas nama Ismi menjadi yang terbaik dengan Meraih Juara ke Satu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.