Visi Misi

A. Visi MA Nurul Hidayatul Iman dan Indikator Visi

Salah satu tugas kepala sekolah adalah sebagai pemimpin pendidikan yaitu menetapkan arah lembaga pendidikan melalui perumusan visi, misi dan tujuan sekolah yang berorientasi ke masa depan sesuai dengan sabda Rasulullah SAW : “Didiklah anak-anakmu sesungguhnya mereka diciptakan untuk suatu zaman yang tidak sezaman denganmu”. Masa depan yang dihadapi sesuai dengan perkembangan dan tantangannya, antara lain menyangkut perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang semakin deras yang berpengaruh terhadap perubahan prilaku dan moral manusia, era informasi dan perdagangan bebas.

Banyak pakar mendefinisikan visi, antara lain George L. Morissey (1996), visi didefinisikan sebagai berikut : “Visi merupakan representasi dari keyakinan kita mengenai bagaimana seharusnya bentuk organisasi di masa depan dalam pandangan pelanggan, karyawan, pemilik dan stakeholder lainnya”. Pengertian yang tidak jauh berbeda dikemukakan pula oleh Mulyadi (1998) yang mendefinisikan visi sebagai berikut : “Visi adalah kondisi yang akan diwujudkan di masa yang akan datang, yang menjanjikan kesejahteraan bagi organisasi melalui penyediaan produk/jasa yang berkualitas bagi masyarakat”. Dari pengertian di atas maka visi merupakan suatu pikiran yang melampaui realitas sekarang, sesuatu yang ingin diwujudkan di masa yang akan datang yang belum pernah dipenuhi sebelumnya, suatu keadaan yang kita yakini akan membawa kita kepada kehidupan yang lebih baik.

Berdasarkan uraian di atas, serta berbagai pertimbangan berdasarkan kondisi sekolah pada saat sekarang ini, maka Visi dari MA Nurul Hidayatul Iman Singajaya Kabupaten Garut :

 

“Terwujudnnya Madrasah yang Islami dan Berbasis Kearipan Lokal”

 

Visi tersebut dirancang untuk memberi inspirasi dan motivasi serta hasrat yang tinggi untuk mencapainya bagi pihak-pihak yang ada dan berkepentingan terhadap MA Nurul Hidayatul Iman. Indikator dari visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita yang ingin dicapai antara lain :

  1. Terwujudnya kualitas pengelolaan sekolah yang Islami
  2. Terwujudnya kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana sekolah
  3. Terwujudnya kualitas proses dan kualiitas hasil belajar/lulusan.

 

B. Misi MA Nurul Hidayatul Iman

  1. Mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang tertib, dinamis, dan kondusif.
  2. Mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional dan proporsional serta memiliki kuantitas yang memadai.
  3. Mewujudkan pelaksanaan pelayanan pendidikan yang prima profesional, proporsional dan berkarakter yang berlandaskan keimanan dan keikhlasan.
  4. Mewujudkan sarana prasarana fisik dan lingkungan yang memadai, aman, dan nyaman.
  5. Mewujudkan sistem manajemen dan adminsitrasi yang tertib, lengkap, aman dan transparan.
  6. Menghasilkan lulusan yang siap melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi atau mampu mandiri dan berdaya guna dan berhasil guna bagi lingkungannnya yang dilandasi akhklaqul karimah.
  7. Mewujudkan hubungan kerja sama internal dan eksternal yang harmonis dan produktif dalam kerangka koordinasi, integrasi dan sinkronisasi.